• (021) 6259984 (ext:107)
  • mktg.akperhusada@yahoo.co.id

Visi Misi

 

 

 

     VISI, MISI DAN TUJUAN ?

AKADEMI  KEPERAWATAN RS HUSADA

 

 

VISI

Pada tahun 2026 menjadi program studi pendidikan

D III keperawatan yang menghasilkan lulusan berbudi pekerti luhur dengan kekhususan keperawatan gawat darurat medikal dewasa  melalui pelaksanaan

Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

 

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan DIII keperawatan yang menghasilkan lulusan ahli madya keperawatan yang berbudi pekerti luhur.
  2. Menghasilkan lulusan ahli madya keperawatan yang dengan kekhususan keperawatan gawat darurat medikal dewasa.
  3. Mendorong sivitas akademika mampu melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu keperawatan.
  4. Menanamkan nilai-nilai pelayanan dengan sepenuh hati, komitmen terhadap kualitas dan bertanggungjawab di kalangan sivitas akademika.
  5. Membangun kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait baik regional, nasional maupun internasional  untuk meningkatkan kualitas lulusan.
  6. Melakukan monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Prinsip-prinsip atau nilai-nilai yang dianut oleh

 AKPER RS HUSADA adalah SerQuaRes NC

Pelayanan sepenuh hati (service)

Komitmen pada kualitas (quality)

Tanggung jawab (responsible)

Hubungan kemitraan (networking)

Penyempurnaan berkesinambungan (continuous improvement)

 

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan lulusan Akademi Keperawatan RS Husada yang memiliki budi pekerti luhur
  2. Menghasilkan lulusan yang  kompeten dalam memberikan asuhan keperawatan gawat darurat medikal dewasa
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diaplikasikan guna kepentingan masyarakat 
  4. Menghasilkan sivitas akademika yang memiliki nilai-nilai pelayanan sepenuh hati, komitmen terhadap kualitas dan bertanggung jawab
  5. Menghasilkan kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait baik regional, nasional maupun internasional  untuk meningkatkan kualitas tenaga perawat
  6. Menghasilkan evaluasi yang dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan dan pengembangan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

A. Makna Nilai Dasar dan Makna Visi – Misi Akademi Keperawatan RS Husada

 

NILAI DASAR

MAKNANYA

Pelayanan sepenuh hati

Lulusan Akademi Keperawatan RS Husada dididik untuk bisa menghargai orang lain, dimulai dari menghargai diri sendiri dan masuk dalam lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat. Pada saat masuk dalam dunia kerja menghargai dan melayani dengan sepenuh hati kepada pasien dan keluarganya. Dengan kita  memberikan perhatian dan penghargaan pada diri sendiri, maka kita sudah bisa menghargai diri sendiri seutuhnya, maka akan menjadi pribadi yang istimewa dengan memberikan pelayanan sepenuh hati. Kita akan membangun motivasi dan rasa percaya diri yang tinggi untuk menghasilkan yang terbaik bagi orang-orang di sekitar kita, termasuk pasien dan keluarga pasien yang kita layani, serta pekerjaan kita.

 

Komitmen pada kualitas

Komitmen adalah janji. Komitmen Akper RS Husada adalah janji dari sivitas akademika yang akan menghasilkan lulusan yang berkualitas, tercermin dalam pembelajaran dan keberhasilan lulusan di dunia kerja. Akper RS Husada selalu berkomitmen, karena dengan komitmen akan memberikan keteguhan jiwa,  stabilitas sosial tinggi, toleransi, dan mampu memberikan yang terbaik untuk lulusan.

 

 

Tanggung jawab

sivitas Akademika Akper RS Husada pada hakekatnya akan memberikan tanggung jawab  dalam proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang terbaik.  Proses dalam menerima tugas dan kewajibkan  dapat dilaksanakan dengan baik sebagai sesuai dengan amanat dan itikat baik kepada masyarakat. Dengan menggunakan seluruh sumber daya tenaga pengajar yaitu Dosen yang minimal S2 dan spesialis di bidangnya untuk melaksanakan tugas-tugas dengan seluruh integritasnya inilah tanggungjawab yang dijalankan oleh Akper RS Husada.
Tanggung jawab yang dimaksud adalah yang berhubungan dengan nilai dan segala sesuatu yang berguna, dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Hal ini juga berkaitan dengan norma termasuk moral yang meliputi segala perilaku yang baik untuk dilakukan dan yang tidak baik untuk dilakukan.

Hubungan kemitraan

Kemitraan di Akper RS Husada menciptakan hubungan yang  bersifat kerja sama antara beberapa pihak, baik pemerintah maupun swasta, dan baik regional, nasional maupun Internasional dalam meraih tujuan bersama dan menunaikan kewajiban tertentu serta menanggung resiko, tanggung jawab, sumber daya, kemampuan dan keuntungan bersama.

Kunci utama terlaksananya kemitraan di Akper RS Husada adalah dengan menerapkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi seluruh program-program dengan lembaga-lembaga terkait yang berpartisipasi dalam kemitraan antara Akper RS Husada dan mitra lainnya.

Proses hubungan kemitraan ini  untuk membangun dan memperluas akses pendidikan masyarakat dan menjawab tantangan pengembangan kemitraan, Akper RS Husada menerapkan koordinasi, integrasi, dan singkronisasi seluruh program, baik secara nasional dan internasional maupun lintas sektoral dengan Rumah sakit, puskesmas, masyarakat, pemerintah,dan  institusi pendidikan untuk peningkatkan kualitas institusi pendidikan dan untuk sekolah-sekolah terkait. Bukan hanya kerjasama dengan Nasional tapi Internasional juga sudah dijalankan oleh Akper RS Husada dengan menjalin kerjasama  Institusi pendidikan di luar negeri untuk menjadi proses pembanding dalam hal kemitraan  di bidang kurikulum pendidikan , penelitian dan pengabdian masyarakat. 

 

Penyempurnaan berkesinambungan

Akademi keperawatan RS Husada selalu berusaha memberikan yang terbaik  dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, hal ini yang membuat Akper RS Husada sadar selalu jauh dari kata sempurna.  Usaha-usaha berkelanjutan yang dilakukan untuk mengembangkan dan memperbaiki kurikulum dalam pembelajaran, peningkatan  pelayanan, SDM, Sapras adalah suatu upaya untuk meningkatkan suasana akademik. Proses pengembangan akan selalu diberikan untuk mahasiswa dan lulusannya, inilah yang diberikan dalam penyempurnaan berkesinambungan. Usaha-usaha tersebut bertujuan untuk mencari dan mendapatkan “bentuk terbaik” dari improvement yang dihasilkan, yang memberikan solusi terbaik bagi masalah yang ada, yang hasilnya akan terus bertahan dan bahkan berkembang menjadi lebih baik lagi untuk Akper RS Husada. Keinginan untuk selalu memberikan terbaik dalam menghasilkan lulusan, tidak pernah terputus dan akan menjadi jalan penyempurnaan yang berkesinambungan untuk Akper RS Husada.

 

Visi – Misi

Makna

    1. Berbudi pekerti luhur

Akper RS Husada mendidik mahasiswa/i untuk menanamkan pentingnya berbudi pekerti luhur. nilai-nilai yang ingin dibentuk Akper RS Husada dalam berbudi pekerti luhur adalah nilai-nilai akhlak yang mulia, yaitu tertanamnya nilai-nilai cinta kasih terhadap sesama ke dalam diri peserta didik yang kemudian terwujud dalam tingkah lakunya. Pembelajaran yang relevan, terutama mata pelajaran budi pekerti, etika keperawatan,antropologi, agama, kewarganegaraan, dan bahasa. Serta kemampuan softskill diberikan kepada mahasiswa sebagai pembekalan dalam dunia kerja dan dalam bermasyarakat. Sikap menghormati, toleransi dan kepedulian terhadap sesama inilah makna berbudi pekerti luhur yang di tanamkan di Akper RS Husada.

 

 

    1. Medikal dewasa

Keperawatan gawat darurat merupakan pelayanan keperluan yang komprehensif diberikan kepada pasien dengan injury akut atau mengancam kehidupan. Akper RS Husada membekali mahasiswa supaya terampil dalam menangani pasien yang mengalami ketidakstabilan multisistem dan kegawatan yang mengancam jiwa lainnya. Keperawatan medikal merupakan bagian dari keperawatan , dimana keperawatan itu sendiri adalah : Bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio-spriritual yang komprehensif ditujukan kepada individu , keluarga dan masyarakat.

Keperawatan medikal dewasa di Akper RS Husada membahas tentang masalah kesehatan yang lazim terjadi pada usia dewasa baik yang bersifat akut maupun kronik tanpa  tindakan operatif yang meliputi gangguan fungsi tubuh pada sistem cardiovascular, penginderaan (mata tht), pencernaan,sistem pernapasan,endokrin dan persarafan  dan urologi oleh karena berbagai penyebab patologis seperti infeksi atau peradangan, kongenital, neoplasma trauma dan degeneratif. Jadi Akper Husada sebagai profesi yang meluluskan tenaga-tenaga perawat dituntut untuk mengembangkan keilmuannya sebagai wujud kepeduliannya dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia baik dalam tindakan preklinik maupun klinik.

    1. Penelitian dan pengabdian

 

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan pencapaian yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi. Proses pembelajaran harus diawali oleh visi dan misi begitu juga dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga sangatlah penting bagi kemajuan perguruan tinggi, kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa dan negara. Dari penelitian dan pengabdian maka dosen dan mahasiswa mampu mengembangkan ilmu dan teknologi dengan lebih cerdas, kritis dan kreatif . Topik penelitian sekitar bidang keperawatan dapat ditelaah dan diterapkan secara  berkesinambungan di Akper RS Husada. Tenaga pengajar  mempunyai kesempatan besar dalam mengembangkan ilmunya di bidang kesehatan dan mampu mempertanggungjawabkan   keilmuan  nya dalam masyarakat.  Memperhatikan masyarakat dan menjalankan pelayanan dengan sepenuh hati juga diterapkan dalam konteks Tri Dharma guna memberikan pengabdian dalam korelasi keilmuwan keperawatan  supaya tetap  di jalankan dalam proses menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh seluruh sivitas akademika Akper RS Husada. 

 

    1. Pelayanan sepenuh hati

Akper RS Husada dengan komitmen yang tinggi akan memberikan pelayanan sepenuh hati, tidak hanya berpedoman pada standar pelayanan, tetapi ada nuansa keihlasan dan keteguhan yang bertanggungjawab di kalangan sivitas akademika. Segala sesuatu haruslah dimulai dengan positif dan diakhiri dengan positif. Dalam memberikan  pelayanan yang baik maka siapapun yang melihat dan merasakan  cenderung mengkomunikasikan pengalamannya kepada pihak lain juga dengan positif, tanpa dipengaruhi oleh yang lain. Akper mendidik semua tenaga pendidik dan dosen-dosen untuk memberikan pelayanan yang sepenuh hati baik dalam pengajaran dan juga memotivsi mahasiswa mahasiswi di lingkungan Akper RS Husada.

Lulusan Akademi Keperawatan RS Husada dididik untuk bisa menghargai orang lain, dalam hal ini adalah pasien dan keluarga pasien. Menghargai juga dimulai dari penghargaan terhadap pekerjaannya nanti, kita perlu memberikan perhatian dan penghargaan pada diri sendiri. Jika kita sudah bisa menghargai diri sendiri, maka akan menjadi pribadi yang istimewa dengan memberikan pelayanan sepenuh hati, maka kita akan membangun motivasi dan rasa percaya diri yang tinggi untuk menghasilkan yang terbaik bagi orang-orang di sekitar kita, termasuk pasien dan keluarga pasien yang kita layani, serta pekerjaan kita.

 

    1. Kemitraan

Kemitraan di Akper RS Husada menciptakan hubungan yang  bersifat kerja sama antara beberapa pihak, baik pemerintah maupun swasta, dan baik nasional maupun Internasional, dalam meraih tujuan bersama dan menunaikan kewajiban tertentu serta menanggung resiko, tanggung jawab, sumber daya, kemampuan dan keuntungan bersama.

Kunci utama terlaksananya kemitraan adalah dengan menerapkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi seluruh program-program dengan lembaga-lembaga terkait yang berpartisipasi dalam kemitraan antara Akper RS Husada dan mitra lainnya dalam membangun dan memperluas akses pendidikan dimasyarakat. Dalam menjawab tantangan pengembangan kemitraan, Akper RS Husada menerapkan koordinasi, integrasi, dan singkronisasi seluruh program, baik secara internal maupun lintas sektoral.
 

    1. Monitoring dan evaluasi

Monitoring dan evaluasi dalam Akper RS Husada merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah instansi seperti Akper,  bahwa keberhasilan dalam mencapai tujuan, separuhnya ditentukan oleh rencana yang telah ditetapkan dan setengahnya adalah bagian dari fungsi pengawasan dari Pimpinan dan proses birokrasi manajemen yang disebut monitoring.

Sedangkan evaluasi yang dijalankan Akper RS Husada adalah kegiatan yang terjadwal untuk menilai secara objektif kinerja dan kesuksesan program yang sedang berjalan atau telah selesai, khususnya untuk menjawab pertanyaan tentang seberapa jauh kontribusi kegiatan program terhadap pencapaian hasil / dampak yang telah ditetapkan. Inilah sistem yang dijalan monitoring dan evaluasi oleh  Akper RS Husada, bagian  dalam menjalankan semuanya dan koordinasi sinergi dibantu  oleh departeman SPMI Akper RS Husada.

 

 

 

 

LOGO.jpg

                                                    

 

 

 

KOMITMEN?

  AKADEMI  KEPERAWATAN RS HUSADA

 

 

Tanggung Jawab pada bangsa adalah menghasilkan tenaga kesehatan yang kompeten, jujur dan beretos kerja tinggi

 

Tanggung jawab dalam mewujudkan visi dan misi adalah bekerja keras dan mengutamakan mutu

 

Tanggung jawab pada pemberdayaan potensi adalah menjadikan perguruan tinggi vokasi yang unggul dalam kompetensi dan riset terapan

 

Selalu mengembangkan diri dalam pendidikan berkelanjutan